Perlahan Tapi Pasti, PS Tira Persikabo Mulai Mencuri Perhatian Masyarakat Jawa Barat

Persib Bandung merupakan tim dengan jaringan suporter terbanyak di Indonesia. Klub asal Bandung Jawa Barat tersebut bahkan sudah mendunia sebagai tim dengan popularitas yang besar. Secara umum, popularitas Persib Bandung di Jawa Barat dapat dikatakan telah mengakar. Hal tersebut tidak lepas dari status Persib sebagai tim tradisional yang telah malang melintang di kancah sepak bola Indonesia.

Popularitas data sgp tersebut kini juga mulai dicari oleh klub yang baru saja melakukan merger yaitu PS Tira Persikabo. Dilihat dari segi prestasi, bisa dibilang PS Tira Persikabo kalah sangat jauh jika dibandingkan dengan Persib Bandung. Namun pihak manajemen dan klub merasa masih mungkin untuk PS Tira Persikabo untuk mendapatkan hati masyarakat Jawa Barat.

Pendukung Persib Bandung Sudah Mengakar

Pelatih kepala PS Tira Persikabo, Rahmad Darmawan, mengatakan bahwa popularitas yang dimiliki oleh tim yang diasuhnya masih kalah jauh dibanding Persib Bandung. Ia menambahkan bahwa untuk mencuri hati masyarakat Jawa Barat dinilai cukup sulit karena selama ini Jawa Barat telah identik dengan pendukung Persib Bandung meskipun terdapat banyak klub di sana.

Seperti diketahui Tira Persikabo untuk musim ini bermain pada kasta tertinggi liga Indonesia yaitu Shopee Liga 1 2019. Hal tersebut membuat provinsi Jawa Barat memiliki 2 wakil pada kompetisi tersebut. Meskipun demikian, tidak lantas membuat Tira Persikabo mendapatkan dukungan yang banyak dari masyarakat Jawa Barat. Coach Rahmad juga mengatakan cukup sulit untuk mendapatkan hati rakyat Jawa Barat.

Performa Apik Awal Musim Tira Persikabo

Tira Persikabo berhasil mencuri perhatian pecinta sepak bola Indonesia pada awal musim bergulirnya Shopee Liga 1 2019. Hingga pertandingan ketiga Shopee Liga 1 2019, Tira Persikabo tidak pernah mengalami kekalahan sekalipun. Tira Persikabo berhasil memperoleh 1 hasil kemenangan dan 2 laga lainnya berakhir dengan hasil seri termasuk pada saat melawan Persib Bandung.

Tidak dapat dipungkiri hasil apik tersebut mampu menarik perhatian di kalangan suporter masyarakat Jawa Barat terlebih masyarakat Bogor. Hal tersebut tidak lepas dari mayoritas pendukung mereka yang berasal dari klub Perikabo Bogor. Namun pelatih Rahmad Darmawan mengatakan masih cukup sulit untuk dapat menggerus pendukung Persib yang dikenal mempunyai basis suporter fanatik.

Coach Rahmad Darmawan juga mengatakan bahwa klub Tira Persikabo masih dalam masa transisi dari proses merger PS Tira dan Persikabo Bogor. Hal tersebut secara tidak langsung membuat klub masih mencari dan mendalami keinginan dari masing-masing tim merger. Ia menambahkan jika untuk dibandingkan dengan fan base suporter yang dimiliki Persib Bandung timnya masih kalah jauh.

Memberi Bukti

Cara paling mungkin untuk mampu mendapatkan banyak dukungan dari warga Jawa Barat bagi Tira Persikabo adalah menorehkan prestasi sebaik mungkin. Hal tersebut juga diungkapkan oleh pelatih Rahmad Darmawan bahwa dirinya dan tim akan berusaha untuk dapat memberikan seluruh kemampuan yang dimiliki pada musim ini supaya dapat menggaet hati warga Jawa Barat.

Coach Rahmad Darmawan juga menambahkan bahwa jika sepanjang musim gelaran Shopee Liga 1 2019 timnya mampu bermain bagus bukan tidak mungkin banyak suporter yang akan berdatangan untuk memberikan dukungan kepada Abduh Lestaluhu dan kawan-kawan. Hal serupa juga sudah pernah dialami oleh Coach Rahmad pada saat menukangi tim baru Sriwijaya FC pada gelaran liga beberapa tahun lalu.

Muncul sebagai tim baru di Liga Indonesia, Sriwijaya FC waktu itu mampu menunjukkan performa yang luar biasa. Klub yang belum lama terbentuk tersebut mampu menyabet gelar-gelar prestisius yang ada di Indonesia seperti gelar Liga dan juga Piala Indonesia. Secara perlahan tapi pasti, Sriwijaya FC telah memiliki basis suporter dengan jumlah yang tidak sedikit sampai dengan saat ini.

Asal Mula Terbentuknya Tira Persikabo

Tira Persikabo merupakan klub yang terbentuk dari hasil merger yang dilakukan oleh kontestan Liga 1 PS Tira dengan klub liga 3 Persikabo Kabupaten Bogor. Untuk menuntaskan proses merger, PS TIRA telah berpindah home base ke Stadion Pakansari, Bogor. Alasan yang digemborkan pada proses merger ini adalah untuk membangkitkan sepak bola Bogor yang dinilai kurang bersinar.

Menurut Presiden PS TIRA Persikabo, Bimo Wirjasoekarta, proses merger untuk mengangkat sepak bola Bogor telah dimulai dengan merekrut 3 pemain kebanggaan masyarakat Bogor. Kemudian klub TIRA Persikabo juga telah mengantongi izin dari PSSI meskipun belum secara resmi. Ratu Tisha selaku Sekjen PSSI mengatakan bahwa proses merger masih termasuk dalam perbuatan yang legal.

Keputusan klub untuk melakukan merger mendapat apresiasi dari peneliti hukum olahraga, Eko Noer Kristiyanto. Ia mengatakan bahwa meski terbilang buru-buru, proses merger dinilai dapat menguntungkan kedua klub yang melakukan merger. Eko Noer juga mengatakan bahwa proses merger ini lebih baik jika dibandingkan dengan akuisisi karena dinilai lebih adil bagi kedua belah pihak yang melakukan merger.

Lain halnya jika klub melakukan akuisisi terhadap klub lain. Pada proses akuisisi terdapat satu pihak yang posisinya “mencaplok” pihak yang lainnya. Tentu hal tersebut akan menimbulkan efek yang kurang baik salah satunya adalah kondisi psikis suporter yang klubnya diakuisisi. Secara historis dan emosional sudah pasti telah terjalin antara klub yang diakuisisi dengan suporter yang dimilikinya.

Tantangan Mendapatkan Hati Kabomania

Salah satu tantangan yang dihadapi oleh klub yang berasal dari proses merger adalah mendapatkan suporter. Seperti halnya yang dialami oleh Tira Persikabo. Bergabungnya PS Tira dan Persikabo Kabupaten Bogor tidak serta merta membuat suporter Persikabo yaitu Kabomania untuk mendukung Tira Persikabo karena kabomania harus merelakan klub kesayangannya lenyap dan menyatu dengan PS Tira. Meskipun PSSI telah menyatakan pada laman resminya bahwa suporter Persikabo mendukung penuh keputusan merger, tetapi hingga saat ini belum ada pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh pengurus dan pentolan Kabomania. Tentu hal ini menjadi tantangan besar bagi Tira Persikabo untuk meyakinkan pendukungnya dengan cara meraih prestasi setinggi-tingginya di kancah sepak bola Nasional.

Comments are Disabled